Thursday 7 November 2013

Nintendo Wii Masih Kuasai Pasar Game

TOKYO – Sony mengumumkan bahwa penjualan PlayStation 3 (PS3) di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari angka 80 juta unit pada awal bulan ini. Angka tersebut cukup mengagumkan mengingat konsol game asal perusahaan Jepang itu sudah diluncurkan sejak 11 November 2006.

Selain pengumuman tersebut, perusahaan asal Negeri Matahari Terbit itu juga mengungkapkan bahwa hingga saat ini sudah ada 4.332 judul game yang telah dirilis pada konsol generasi masa kini andalannya di seluruh dunia. Disadur IGN, Kamis (7/11/2013) jelang debut PlayStation 4, Sony memastikan bahwa akan ada 300 judul game yang siap meluncur pada konsol tersebut selama natal nanti.

Bulan lalu, Microsoft juga telah mengumumkan laporan laba dari penjualan konsol game Xbox 360. Raksasa piranti lunak itu mengklaim jika penjualan konsol game besutannya itu berada di atas PS3 pada Januari lalu. Sekadar informasi, Xbox 360 pertama kali beredar di pasaran sejak 2005.

Akan tetapi yang keluar sebagai juara pasar konsol game generasi sekarang adalah Nintendo Wii. Bagaimana tidak, penjualannya tembus hingga 100 juta unit sejak diluncurkan pada November 2006. (amr)

Sumber : 

http://techno.okezone.com/read/2013/11/07/326/893400/nintendo-wii-masih-kuasai-pasar-game

Analisis : 

Analisis saya tentang artikel diatas adalah mengenai ketiga konsol game tersebut sama-sama bagus dan bila dimainkan akan memunculkan suatu kepuasan masing-masing. Tetapi, saya belum pernah memainkan konsol game Xbox 360. Namun jika mengambil contoh pemasaran ketiga konsol game di Indonesia, menurut saya PS3 masih memimpin. Contoh : sangat jarang di Indonesia ada rental Xbox 360 dan Nintendo Wii. Jika ada, itu hanya dimiliki secara personal dan pribadi. Jadi bisa dikatakan hanya dimiliki oleh orang rumahan saja. Beda dengan konsol game PS3, bila kita mengunjungi suatu tempat yang terdapat disekitar lingkungan kampus. Banyak sekali rental PS3 yang menyediakan jasa penyewaan pada konsol gam tersebut. Jika saya bandingakan Nintendo Wii dengan PS3. Secara pribadi saya lebih memilih PS3. Karena game play yang ditawarkan pada setiap judul permainan sangat menjajikan dan lebih berkualitas. 

No comments:

Post a Comment