Thursday 7 November 2013

Lalu Lintas Data Center Membludak di 2017

JAKARTA - Penggunaan internet diperkirakan akan terus bertambah berkali-kali lipat di 2017. Khususnya dalam lalu lintas data center yang diperkirakan akan sebesar 7,7 zettabyte per tahun.

Laporan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh Cisco dalam Cisco Global Clud Index (2012-2017). Cisco memproyeksikan lalu lintas cloud global, sebagai salah satu komponen lalu-lintas data center, diperkirakan akan bertumbuh 4,5 kali lipat, 35 persen pertumbuhan CAGR (Combined Annual Growth), dari lalu lintas tahunan cloud di 2012 sebesar 1,2 zettabyte.

Besaran lalu lintas 7,7 zettabyte ini setara dengan satu miliar terabyte. Untuk gambarannya, lalu lintas data center pada 2017 sama saja dengan melakukan streaming musik secara non-stop selama 1,5 tahun. Demikian keterangan tertulis Cisco yang diterima Okezone, Kamis (7/11/2013).

Sekitar 17 persen dari keseluruhan lalu-lintas data center akan dihasilkan dari end users yang mengakses cloud untuk web surfing, video streaming, kolaborasi, dan connected device. Dan keseluruhan tersebut merupakan skema Internet of Everything, koneksi berjaringan antara orang, data, proses, dan benda.

Sementara itu, hasil penelitian lain yang dilakukan oleh Frost & Sullivan, pasar cloud computing di seluruh dunia telah bertumbuh sebesar 43 persen pada 2012, mencatatkan pendapatan sebesar USD31,4 juta. (amr)

Sumber : 

http://techno.okezone.com/read/2013/11/07/55/893427/lalu-lintas-data-center-membludak-di-2017

Analisis :

Analisis saya tentang artikel diatas adalah petumbuhan pengguna internet semakin lama akan meningkat secara signifikan. Bisa dilihat dari riset yang dilakukan oleh Cisco dalam Cisco Global Clud Index (2012-2017). Dimana lalu lintas data center akan mengalami peningkatan yang diperkirakan akan sebesar 7,7 zettabyte per tahun. Dan untuk itu perlu adanya penanganan untuk melancarkan lalu lintas data center. Dengan cara meningkatkan atau mengembangkan lalu lintas data center. Tidak bisa dpungkiri, jika pada tahun 2017 nanti lalu lintas data center tidak bisa dikendalikan. Maka seluruh aktifitas yang berhubungan dengan internet akan mengalami gangguang dan bisa saja aktifitas sektor ekonomi akan mengalami gangguan. Untuk itu kita sebagai pengguna internet kita harus mendukung segala sesuatu yang positif, supaya lalu lintas data center pada tahun 2017 tidak mengalami "kemacetan".

No comments:

Post a Comment