Tuesday 10 June 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK DI INDONESIA

Perkembangan musik di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dapat dilihat dari perkembangan grup-grup band dan penyanyi solo yang memasuki abad 20 semakin banyak yang bermunculan. Munculnya grup-grup band baru dan penyanyi diikuti dengan perkembangan jenis-jenis musik yang sedikit berbeda. Seperti aliran Dangdut, Hip-Hop, Jazz, Melayu, dan lain-lain. Tetapi, aliran musik Pop tetap menjadi nomor satu untuk dijadikan sebagai bahan dasar pemasaran musik. Berikut dibawah ini sejarah perkembangan musik di Indonesia :

Perkembangan Musik Indonesia, Pada Tahun 70′an

Saat itu dangdut adalah salah satu genre yang paling digemari kawula muda. Pada saat itu salah satu lagu terpopuler adalah Boneka dari India. Kemudian muncul juga Rhoma Irama. kita kenal sebagai raja dangdut itu begitu fenomenal dan karya-karyanya yang begitu digemari oleh masyarakat. Dangdut adalah salah satu musik yang dianggap berkelas pada saat itu.

Pekembangan Musik Pada Tahun 90′an Dan Tahun 2000

Kita tau pada tahun 90′an lagu-lagu yang di sukai masyarakat indonesia adalah aliran Pop, Dangdut originalnya dan Pop melayu. Memasuki tahun 2000′an Tren aliran musik di masyarakt indonesia berubah ke lagu Pop, dengan bermunculan Band-band seperti Padi, Ungu, Samson, Paterpan, Dewa19, Arilaso, dan lain-lainnya. Band yang beraliran Pop pada massa itu sangat di sukai oleh anak mudah indonesia dan mulai bermunculan Band-band pop baru di indonesia pada massa itu. Perkembangan musik pop’pun semakin di sukai oleh masyarakat indonesia.

Memasuki Tahun 2004, Perkembangan Musik Indonesia.

Mereka muncul dengan berkompromi mengambil aliran Melayu. ST12 adalah grup band Indonesia yang didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 2004. Grup ini didirikan oleh Ilham Febry alias Pepep (drum), Dedy Sudrajat alias Pepeng (gitar), Muhammad Charly van Houten alias Charly (vokalis), dan Iman Rush (gitaris). Nama ST 12 sendiri merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 yang merupakan markas berkumpulnya band ini. Sampai saat ini ST 12 telah menghasilkan 5 album musik.

Memasuki Tahun 2014, Perkembangan Musik Indonesia

Pada awal tahun 2014 indonesia di guncangkan dengan lagu-lagu yang beraliran Dangdut koplo, dengan berbagai macam lagu dangdut bermunculan ada yang menadung sesualitas dan ada juga tentang percintaan. Dangdut mulai kembali di sukai oleh masyarakat tak lepas dari munculnya acara YKS, dan acara Sejenisnya
 

1 comment: