Tuesday 10 June 2014

CAR FREE DAY

Car Free Day atau sering disingkat dengan CFD sudah menjadi primadona masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Dimana kegiatan tersebut dibuka pada seminggu sekali diakhir pekan atau hari minggu. Dengan adanya CFD pada hari minggu sangat bagus bagi masyarakat sekitar. Karena dampak dari kegiatan tersebut semakin meningkatkan kesadaran masyarakat betapa penting kesehatan bagi tubuh kita. setelah itu juga membuat masyarakat lebih rajin untuk bangun pagi dan lebih antusias untuk melakukan kegiatan yang menyehatkan seperti gowes, jogging, dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan hanya sampai jam 11 siang. Karena area yang dipakai merupakan jalan raya yang ditutup bagi kendaraan umum. Dan Area yang dipakai adalah daerah seputaran Jalan Mh. Thamrin.

Pengalaman saya mengikuti kegiatan CFD memang sangat mengasyikkan. Kegiatan ini saya mulai dengan mengendarai Sepeda Motor terlebih dahulu ke daerah Pondok Labu. Itu dilakukan karena saya belum mempunyai  Sepeda waktu itu. Jadi, saya meminjam Sepeda teman untuk dipakai. Sepeda yang dipakai adalah jenis BMX. Setelah itu saya bersama teman saya langsung gowes ke daerah Kemang untuk berkumpul terlebih dahulu di sekolah saya. Dan setelah terkumpul semua, langsung gowes bareng-bareng menuju Bundaran HI sebagai tempat utama istrirahat. Setelah CFD selesai kita semua berpisah dan langsung pulang ke rumah.

Menurut saya bagi yang tidak terbiasa menggunakan sepeda BMX dengan jarak tempuh yang jauh. Lebih baik tidak digunakan, karena sepeda BMX tidak cocok untuk melakukan jarak tempuh yang jauh. Dan pada saat itu saya memang harus menggunakan sepeda BMX karena tidak ada sepeda jenis yang lain. Efek yang dirasakan jika anda tidak terbiasa adalah daerah sekitar paha anda akan terasa nyeri dan pegal. Untuk itu sepeda yang digunakan lebih baik menggunakan sepeda MTB dan Fixie. Karena lebih nyaman digunakan dan tidak begitu menguras tenaga. Dan jenis sepeda tersebut memang sudah dirancang untuk gowes dengan jarak yang jauh.


No comments:

Post a Comment