Wednesday 4 December 2013

Langgar Paten Nokia, HTC One Mini Dicekal

Inggris - Setelah melewati serangkaian pengujian, ponsel HTC One Mini dinyatakan terbukti telah melanggar salah satu paten milik Nokia. Penjualan ponsel itu pun bakal dihentikan.

Hakim Richard Arnold akhirnya mengabulkan tuntutan Nokia untuk memblokir penjualan HTC One Mini di Inggris. Ponsel itu terbukti mengandung sebuah microchip yang lisensinya dimiliki Nokia.

Keputusan tersebut akan berlaku mulai 6 Desember 2013. Jadi, HTC One Mini tidak akan tersedia di seluruh area Britania dalam waktu yang tidak ditentukan.

Melihat kenyataan ini, HTC sudah tentu tidak terima. Produsen asal Taiwan itu akan naik banding untuk membuktikan bahwa mereka tidak bersalah.

"Kami akan naik banding. Dan sementara itu, kami akan mencari solusi chip dengan pemasok kami," tulis pernyataan HTC, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (4/12/2013).

Pun begitu para analis menilai bahwa keputusan tersebut bukanlah ancaman besar terhadap total pendapatan HTC. Sebab, One Mini bukanlah tipe smarthone andalan mereka.

Sumber : 


Analisis :

Analisis saya tentang artikel diatas adalah setiap perusahaan memang mempunyai hak paten untuk melindungi karya inovasi mereka. Karena dengan cara tersebut suatu perusahaan akan menggambarkan karakteristik dari setiap produk yang akan dipasarkan dan juga melindungi dari pihak luar yang akan menciptakan produk mereka secara ilegal. Memang beberapa tahun belakangan banyak sekali kejadian tentang pelanggaran hak cipta atau hak paten yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk memuluskan produk mereka supaya laku dipasaran. Tetapi hal tersebut bisa dihindarkan jika pihak berwajib bertindak dengan tegas pada hukum yang berlaku dan setiap perusahaan bersaing secara sehat. Tetapi inilah yang dinamakan dunia bisnis. Tidak selalu persaingan usaha dilakukan secara sehat.
 

 


No comments:

Post a Comment